Manfaat Mesin Absen Untuk Disiplin dan Kinerja Pegawai

Sebuah mesin absen memang merupakan aset penting dari perusahaan untuk mengatur dan juga memantau kedisiplinan para karyawan. Semakin banyak jumlah karyawan suatu perusahaan, maka akan sangat sulit bagi pihak HR untuk memantau tiap-tiap individu yang berbeda secara langsung apalagi jumlah staff HR tidak sebanyak jumlah karyawan yang ada. Dengan adanya mesin tersebut, maka pihak yang berkaitan bisa membuat laporan pada atasan dengan benar dan konkrit.
Manfaat Mesin Absen Untuk Disiplin dan Kinerja Pegawai
Manfaat Mesin Absen Untuk Disiplin dan Kinerja Pegawai

Manfaat Mesin Absen Untuk Karyawan


Penggunaan sebuah mesin absen tidak hanya bermanfaat untuk kemajuan sebuah perusahaan saja tetapi juga untuk mendisiplinkan para karyawan dan membentuk pribadi yang lebih baik. Demi terbentuknya sebuah kesatuan konkrit antara perusahaan dan juga karyawan, maka penggunaan mesin sidik jari merupakan sebuah kewajiban.

Berikut ini manfaat mesin absensi untuk kedisiplinan karyawan:


• Membentuk karyawan agar lebih produktif
Dengan menggunakan mesin fingerprint, maka karyawan akan terlatih untuk disiplin dalam menghargai waktu yang diberikan sehingga bisa bekerja lebih cepat, teratur dan juga hasil kerja yang didapat lebih banyak sehingga karyawan sendiri bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum waktunya pulang.
• Disiplin untuk tidak terlambat
Mesin sidik jari dilengkapi dengan jam yang terdapat pada layar monitor dan akan langsung merekam waktu apabila seseorang meletakkan jarinya di tempat scanner. Dengan keakuratan jam yang ada, mau tidak mau seorang karyawan harus datang tepat waktu sebelum jam masuk yang ditentukan oleh perusahaan. Terlambat satu menit saja, mesin akan langsung merekamnya dalam sistem database yang sudah ada. Pihak HR akan langsung mengetahuinya dan mencatat jumlah keterlambatn tersebut guna memutuskan sanksi yang pantas didapat oleh seorang karyawan yang terlambat.
• Mendapatkan gaji yang sesuai kinerja
Dengan penggunaan mesin absen dalam perusahaan, maka pihak personalia bisa membuat laporan kehadiran dan jumlah kerja dari setiap individu sehingga perusahaan bisa bersikap adil dalam menentukan jumlah gaji yang sesuai dengan kinerja dan juga totalitas Anda dalam bekerja sehingga gaji yang lebih atau bonus pun bisa Anda peroleh sebagai karyawan yang disiplin. Selain itu apabila seorang karyawan lembur, maka perhitungan jam pulang juga bisa dinilai sebagai bentuk kelayakan seorang karyawn mendapatkan gaji yang lebih.
• Karyawan akan terlatih jujur

Penggunaan mesin sidik jari tersebut akan melatih seorang karyawan untuk bersikap jujur pada dirinya sendiri untuk tidak membolos, meninggalkan pekerjaan sebelum waktunya, menitip absen pada teman dan juga tidak mencuri hal-hal penting dari perusahaan. Secara tidak disadari, mesin fingerprint akan melatih seorang karyawan untuk masuk sesuai dengan hari yang sudah ditentukan sehingga pekerja hanya akan menggunakan fasilitas cuti yang diberikan. Niat jahat beberapa karyawan pun bisa hilang dengan adanya mesin sidik jari sebagai pengaman sebuah perusahaan sehingga apabila pihak tidak berkepentingan masuk, maka akan langsung ketahuan.
• Karyawan akan patuh pada peraturan dan juga sanksi
Apabila seorang karyawan sudah menumbuhkan sikap disiplin pada pribadi masing-masing, maka para pekerja secara otomatis dan tanpa disadari akan tunduk dan patuh pada peraturan yang sudah dibuat oleh perusahaan sehingga jumlah pelanggaran bisa diminimalisir. Hal ini juga bisa menumbuhkan rasa takut karyawan akan sanksi-sanksi dan juga tindakan tegas yang bisa mereka dapatkan apabila melakukan kesalahan.

Semoga dengan mengetahui mesin absen tersebut bisa makin menumbuhkan rasa disiplin sekaligus semangat kerja pada karyawan sehingga bisa ikut memajukan pertumbuhan suatu perusahaan apalagi di era modern saat ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah apalgi jika seorang karyawan memiliki status dikeluarkan karena melakukan pelanggaran.



3 comments

Mau tanya dong klo mesin fingert biasanya idealnya untuk berapa karyawan

Reply

Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

Fitur :
1. Realtime
2. Support banyak merek mesin, dan satu server bisa menampung hingga puluhan mesin
3. Upoload user ke mesin yang diinginkan
4. Upoload template sidik jari ke mesin yang diinginkan
5. Hapus Transaksi di mesin
6. Hapus sidik jari di mesin
7. Tarik informasi mesin (Jumlah transkasi, jumlah sidik jari dan settingan mesin)
8. Dapat mengethaui status mesin online atau offline
9. Reboot mesin
10. Tarik manual data absensi dan sidik jari user

Reply

Post a Comment