Absensi Berbasis Web Akan Menggantikan Mesin Finger

Penggunaan mesin finger memang dinilai sangat efektif untuk mendisiplinkan karyawan serta meningkatkan produktivitas pekerja guna memajukan perindustrian. Namun siapa yang menyangka bahwa ternyata ada mesin absen dengan basis web yang dinilai jauh lebih baik dan modern daripada mesin sidik jari manual ataupun biometrik.
Absensi Berbasis Web Akan Menggantikan Mesin Finger
Absensi Berbasis Web Akan Menggantikan Mesin Finger (ixnugros)

Mesin Absen Web Dinilai Lebih Baik Daripada Mesin Finger


Mesin finger dengan basis web merupakan sebuah alat yang juga digunakan untuk mengabsen serta memantau kehadiran karyawan secara online yaitu melalui web. Namun, alat yang sebenarnya dimaksud bukanlah sebuah mesin absensi pada umumnya, tetapi berbentuk sebuah platform atau aplikasi web yang bisa dihubungkan dengan komputer, laptop ataupun HP yang bisa diakses melalui internet. Bagian IT dari perusahaan bisa menciptakan sistem pemantauan berbasis web ini dimana seluruh pekerjannya dapat mengakses melalui komputer ataupun HP masing-masing. Setiap karyawan memiliki username dan juga pasword yang akan digunakan untuk mengakses layanan tersebut.

Disebut-sebut mesin ini bisa menggantikan peran mesin sidik jari karena dinilai lebih canggih dan juga efektif untuk memantau karyawan dengan berbagai macam kelebihan sebagai berikut:
• Bisa diakses darimanapun
Salah satu kelebihan dari mesin ini adalah bisa dikases dari manapun dan tidak bisa ditemukan dari mesin absensi lainnya. Perusahaan yang memiliki cabang ataupun anak perusahaan lain yang lokasinya berjauhan di berbagai daerah atau kota lain bisa menggunakan sistem all in one mesin ini karena sistem bisa dihubungkan melaluijaringan layanan internet yang bisa diatur serta dikelola dengan maksimal oleh pihak yang terkait yang dalam hal ini adalah pihak personalia untuk memudahkan pembuatan laporan data absensi karyawan.
• Data lebih akurat
Dengan menggunakan mesin ini, maka hasil identifikasi serta data yang dihasilkan sangat akurat sehingga tidak akan terjadi kesalahan. Hal ini disebabkan karena karyawan memiliki username serta paswordnya masing-masing yang hanya bisa diakses oleh orang yang bersangkutan. Hal tersebut juga bisa menjaga privasi serta keamanan absensi masing-masing sehingga data yang masuk menuju sistem sangat akurat.

Namun meskipun terdapat kelebihan, tidak menutup kemungkinan sebuah sistem platform ini juga masih ditemukan kekurangan yang harus diperbaiki sehingga sistem bisa lebih sempurna diantarannya:

• Sering terjadi error
Dikarenakan sistem ini menggunakan jaringan internet, maka sistem juga rentan terjadi error atau kesalahan sehingga tidak bia diakses jika jaringan internet sedang buruk ataupun mati. Biasanya kesalahan tersebut disebabkan oleh gangguan dari pusat pelayanan atau penyedia internet dan bisa juga disebabkan oleh cuaca yang buruk. Lokasi yang terpencil dan sulit terkena jaringan juga menajdi faktor utama mesin tersebut tidak akan bisa digunakan dalam lokasi itu.

Apabila sebuah perusahaan sudah memutuskan untuk menggunakan mesin finger dengan basis web tersebut, maka pihak IT beserta dengan pimpinan harus menginput data karyawan dalam mesin beserta dengan username dan pasword yang akan digunakan untuk mengakses mesin dan melakukan absensi. Setelah software siap dan bisa dipergunakan, maka karyawan sudah bisa menggunakannya sehari-hari untuk melakukan pencatatan pada setiap kehadiran ataupun jam pulang karyawan. Pekerja bisa langsung mengakses melalui komputer dan membuka aplikasi tersebut untuk memulai bekerja. Karyawan akan memasukkan data username beserta dengan pasword untuk bisa log in. Setelah data absen pribadi masuk, maka staf personalia serta pimpinan kantor bisa menggunakan komputer, laptop ataupun smartphone masing-masing untuk memantau data karyawan serta membuat laporan untuk perhitungan gaji.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk menentukan pemilihan mesin finger ataupun absensi web sesuai dengan dana yang dimiliki oleh perusahaan dan juga tingkat kebutuhan.

1 comments:

bagi yang butuh program absensi realtime yang bisa diinstall di hosting maupun server lokal, program dari php dan mysql (web base), bisa control mesin dari jauh. Program menggunakan fitur cloud/adms di mesin. Berminat hub 0813 48021 778 (WA)

Reply

Post a Comment