Rekomendasi Software Gratis untuk Mesin Fingerprint

Sebuah kinerja mesin fingerprint tidak lepas dari peran software yang ada di dalm sistemnya yang berfungsi untuk mendukung performa dari mesin untuk mendeteksi pola sidik jari seseorang sehingga bisa diperoleh data yang valid. Semakin canggih sebuah software yang dipasang di dalam mesin akan semakin membuat harga mesin menjadi mahal.
Rekomendasi Software Gratis untuk Mesin Fingerprint
Rekomendasi Software Gratis untuk Mesin Fingerprint (solution)

3 Jenis Software Gratis Pada Mesin Fingerprint


Terdapat beberapa jenis software gratis yang bisa diaplikasikan ke dalam sebuah mesin fingerprint yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan suatu perusahaan diantarannya:

• Software Absensi Z Soft Attendance Plus Payrol

Sistem software ini disebut-sebut merupakan perangkat lunak yang paling canggih karena memiliki fungsi utama sebagai mesin absensi sekaligus dilengkapi dengan sistem payrol yang memudahkan perhitungan gaji sehingga pihak yang terkait mampu menghitung gaji karyawan dengan mudah. Beberapa keunggulan dari software ini juga mempermudah penggunaan seperti bisa digunakan oleh banyak pengguna, bisa membuat sistem jadwal kerja shift secara manual, foto dari pengguna bisa ditampilkan serta menangkap gambar wajah dari webcam yang tersedia pada mesin, software mampu menghitung jatah cuti tahunan karyawan, bisa mencatat keterlambatan, jumlah jam kerja serta lembur, dilengkapi dengan sisitem export data yang bisa dipindah menjadi excel, word, dan lainnya. Selain itu, software juga mampu memonitoring kehadiran dengan adanya real time yang tepat, mampu mencetak laporan kehadiran serta perhitungan gaji secara global, bisa mencetak slip gaji karyawan, dan dilengkapi dengan SMS Gateway yang bisa mengirimkan pesan kehadiran pada nomor telepon yang didaftarkan pada software.
• Sofware attendance management
Beberapa perusahaan rata-rata menggunakan mesin ini karena walaupun software bersifat gratis, namun harga jual mesin sendiri dinilai lebih murah walaupun cara kerjanya manual. Ada berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh software tersebut diantarannya mampu mengatur data karyawan sesuai dengan kapasitas yang tersedia dengan baik dan tertata, perangkat lunak mampu menangani sistem kerja yang rumit dan mengatur jadwal menjadi lebih fleksibel, software mampu menghitung keterlambatan, kehadiran, total jam kerja, lembur ataupun pulang cepat, dilengkapi dengan fasilitas mampu mencatat sakit, ijin, cuti, ataupun koreksi dari transaksi absensi, waktu pembuatan laporan bisa diatur secara berdasarkan periode tertentu seperti harian, mingguan, bulanan atau tahunan, data bisa diubah menjadi excel, html, dan format lainnya, proses absensi disesuaikan dengan real time, dan dilengkapi dengan cara penggunaan manual SDK atau Software Development Kit yang bisa dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih canggih.
• Software General Time Attendance
General Time Software adalah jenis perangkat lunak yang memang disesuaikan untuk absensi serta mencatat waktu kehadiran atau waktu pulang karyawan secara otomatis. Software ini memiliki keunggulan yang bisa emmpermudah pekerjaan pihak terkait diantarannya berjenis stand alone yang artinya software serta mesin tidak perlu dihubungkan dengan komputer sehingga software mampu mencatat absensi pengguna sendiri dan bila data dibutuhkan, maka pihak HR akan mentransfer data menggunakan USB. Selain itu software mampu melakukan pengunduhan ataupun upload data dengan sangat cepat serta menghapus data buffer dalam mesin secara independen, mesin juga mampu melakukan backup data yang tersimpan di dalam template berupa sidik jari pengguna yang bisa langsung disalurkan kepada mesin lainnya. Software juga mampu memberikan filter pada data sidik jari yang dianggap abnormal sekaligus membenarkannya secara otomatis dan software mampu membuat laporan rekapitulasi dari total keterlambatan yang dilakukan oleh pihak karyawan sehingga memudahkan pihak HR untuk memberikan sanksi.

Semoga beberapa software mesin fingerprint itu bisa dijadikan sebagai referensi bagi perusahaan Anda dalam memilih serta menentukan mesin absensi yang menguntungkan dengan berbagai fitur.










4 comments

Ini ada alternatif Free Software/Aplikasi Absensi Karyawan
: http://solusiprogram.com/software-absensi-gratis/

Keunggulan software ini:

- Data secara realtime akan otomatis ditarik dari alat fingerprint ke database mysql di komputer server
- Proses absensi tidak terganggu walaupun koneksi ke komputer server terputus. Data akan ditarik dari alat fingerprint saat komputer server terkoneksi.
- Tidak perlu printer dan kertas karena saat karyawan melakukan absensi, alat fingerprint akan merespon dengan:
. jika karyawan terlambat hadir atau terlalu cepat pulang, akan terdengar suara beep yang panjang dari alat fingerprint
. jika karyawan absen tepat pada waktunya akan terdengar ucapan terimakasih dari alat fingerprint

- Jadwal absensi dapat dibedakan antara:
. Shift Pagi
. Shift Sore
. Shift Pagi Pria Jum'at (agar jam istirahat bisa ditambah)
. Shift Sore Pria Jum'at (agar jam istirahat bisa ditambah)

- Fitur-fitur: Export ke xls, Print Absensi, Pengaturan Absensi, Data Karyawan, Bayar Gaji, dll
- Fitur Pengaturan->Absensi dapat digunakan untuk:
. menyamakan IP Address dan Port dengan alat fingerprint (jika tidak ingin diubah, biarkan saja IP Address defaultnya: 192.168.1.201 dan Port defaultnya: 4370)
. mengatur jadwal masuk, istirahat, kembali dari istirahat, dan pulang pada masing-masing shift
. mengatur denda per menit dan maksimal denda dalam satu hari

- Compatible dengan alat fingerprint yang mendukung libary zkemkeeper.dll (telah diuji pada Solution X100-C)
- Support koneksi melalui kabel LAN (UTP) antara alat fingerprint dan komputer server
- Dibuat menggunakan Java dan Mysql

Reply

ada nomor yg bisa dihubungi?

Reply

Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

Reply

terima kasih artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk meningkatkan kedisiplinan anak, aplikasi kami berupa absensi fingerprint berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, untuk lebih jelasnya silahkan hubungi website kami www.schoolmantic.com

Reply

Post a Comment