Kelebihan dan Kelemahan Absensi Sidik Jari

Hampir semua perusahaan yang ada di Indonesia sudah mulai meninggalkan cara lama dan konvensional untuk mengabsen para karyawan. Penggunaan mesin absensi sidik jari dinilai lebih efektif karena bisa memajukan perusahaan. Namun sebagai seorang konsumen yang baik, Anda harus mengetahui beberapa kelebihan serta kelemahan yang ada pada mesin.
Kelebihan dan Kelemahan Absensi Sidik Jari
Kelebihan dan Kelemahan Absensi Sidik Jari (absensimurahjogjakarta)

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Absensi Sidik Jari


Patut Anda ketahui bahwa mesin absensi sidik jari menawarkan banyak sekali kelebihan yang menguntungkan bagi penggunanya sebagai berikut:

• Pengelolaan lebih mudah
Menggunakan mesin sidik jari sebagai absensi para karyawan dinilai lebih menguntungkan karena pengelolaan data lebih mudah. Mesin ini mampu memudahkan pihak personalia untuk mengolah data sidik jari yang sudah terkumpul karena software dari mesin sudah terhubung dengan komputer sehingga pembuatan laporan bisa dikerjakan dengan cepat serta akurat.
• Menekan dana pengeluaran fiktif karyawan
Terkadang beberapa perusahaan menganggap pembelian sebuah mesin absen sidik jari justru bisa membuat pengeluaran menjadi membengkak karena harga mesin yang tidak murah. Namun pada kenyataanya, penggunaan mesin ini justru bisa menekan pengeluaran fiktif yang dilakukan karyawan seperti uang lembur, bonus, serta uang kehadiran karena perhitungan gaji bisa dilakukan dengan akurat dimana jam hadir serta jam pulang para pekerja sudah tercatat dengan jelas di dalamnya.
• Terhindar dari kecurangan
Sistem absensi dengan cara yang tradisional sangat rentan dengan karyawan yang suka membolos, datang terlambat, serta titip absen karena pihak yang berkaitan tidak bisa mengawasi secara langsung kehadiran karyawannya dengan jumlah yang banyak. Dengan menggunakan fingerprint sebagai absensi utama, maka karyawan tidak akan bisa memalsukan data kehadiran serta datang terlambat karena pekerja sendirilah yang harus melakukan proses verifikasi dengan jari mereka sehingga tingkat kecurangan bisa diminimalisir.
• Meningkatkan produktivitas karyawan
Secara tidak langsung, penggunaan mesin ini berfungsi sebagai alat untuk mendisipilinkan karyawan dalam menghargai waktu untuk bekerja karena mereka dituntut untuk datang tepat waktu dikarenakan mesin sudah merekam jadwal kedatangan mereka sehingga keterlambatan dalam waktu yang sedikit saja bisa mempengaruhi penilaian terhadap mereka. Oleh karena karyawan bisa datang lebih tepat waktu, maka mereka memiliki banyak waktu untuk bekerja sehingga produktivitas semakin meningkat.

Walaupun mesin menawarkan beberapa kelebihan, namun tidak menutup kemungkinan masih ditemukannya beberapa kekurangan yang terdapat dalam mesin absensi sidik jari diantarannya:

• Sering terjadi kesalahan dalam proses identifikasi
Mesin ini memiliki kelemahan yang pertama yaitu seringnya terjadi kesalahan pada saat pemindaian dikarenakan scanner tidak bisa mendeteksi sidik jari seseorang bila scanner dalam kondisi kotor karena terdapat banyak sekali bekas sidik jari yang menempel, basah karena sering terkena air atau keringat dari jari seseorang dan scanner terkena cahaya secara langsung sehingga kinerja sistem menurun dan proses identifikasi harus diulang.
• Membutuhkan perawatan yang rutin
Untuk tetap menjaga supaya scanner bisa bekerja dengan maksimal dan tidak mengalami penurunan sistem, perawatan yang rutin perlu dilakukan agar scanner tetap bersih setiap saat untuk mencegah terjadinya kesalahan. Dalam memebrsihkannya pun tidak boleh menggunakan air atau lap basah karena mesin sangat rentan kerusakan yang disebabkan oleh air.
• Kinerja scanner kurang maksimal
Scanner memiliki kelemahan dimana sistem sensor tidak bisa mendeteksi jari yang basah, terlalu kering, terkelupas, kotor, dan juga tertutup oleh tinta. Oleh karena itu, sebelum melakukan proses identifikasi, jari seseorang harus dalam keadaan bersih dan kering.

Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kelemahan mesin absensi sidik jari, maka sebuah perusahaan bisa menjadikan hal ini sebagai bahan pertimbangan untuk memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan minim kekurangan.

9 comments

trims..atas bantuanya

Reply

Bos, mesin absensi sidik jarinya ada SDK PHP untuk dikembangkan aplikasi? kabari saya di jasa pembuatan software aplikasi ya..

Reply

Mungkin sebagai alternatif bisa mencoba aplikasi absensin online cukup menggunakan HP seperti aplikasi hrd SunFish Go bisa coba gratis disini https://sunfishgo.com sepertinya lebih ekonomis dan praktis.

Reply

ini kak bisa dicoba aplikasi absensi online SunFish Go menggunakan hp gratis dicoba support Play Store dan App Store aplikasi absensi

Reply
This comment has been removed by the author.

Terimakasih infonya, sangat membantu. kunjungi juga terus website kami di http://mesinfingerprint.com/
salam sukses selalu

Reply

Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

Fitur :
1. Realtime
2. Support banyak merek mesin, dan satu server bisa menampung hingga puluhan mesin
3. Upoload user ke mesin yang diinginkan
4. Upoload template sidik jari ke mesin yang diinginkan
5. Hapus Transaksi di mesin
6. Hapus sidik jari di mesin
7. Tarik informasi mesin (Jumlah transkasi, jumlah sidik jari dan settingan mesin)
8. Dapat mengethaui status mesin online atau offline
9. Reboot mesin
10. Tarik manual data absensi dan sidik jari user

Reply

kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk meningkatkan kedisiplinan anak, aplikasi kami berupa absensi fingerprint berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, bisa juga untuk kantoran, dll untuk lebih jelasnya silahkan hubungi website kami www.schoolmantic.com

Reply

Jika ada diantara Anda yang sedang mencari mesin absensi untuk kebutuhan absensi karyawan kalian. Kalian dapat mengujungi blog saya yang membahas tetang aplikasi absensi online yang tentunya sangat praktis, mudah, murah dan juga aman untuk digunakan.
Aplikasi Absensi Online

Reply

Post a Comment