Absensi Sidik Jari Terbaik untuk Kantor Kecil

Penggunaan mesin absensi sidik jari memang memberikan pengaruh besar khususnya dalam peningkatan produktivitas kerja para karyawannya bahkan perusahaan yang berskala kecil juga sudah mulai beralih dari sistem absensi lama menjadi sistem sidik jari yang dinilai lebih canggih dan juga minim akan resiko terjadi kecurangan.
Absensi Sidik Jari Terbaik untuk Kantor Kecil
Absensi Sidik Jari Terbaik untuk Kantor Kecil (mesinabsensi)

4 Pemilihan Mesin Absensi Sidik Jari untuk Perusahaan Berskala Kecil


Untuk perusahaan berskala kecil, pemilihan mesin absensi sidik jari juga perlu diperhatikan sehingga bisa bermanfaat secara optimal tanpa membebani dana perusahaan sendiri diantarannya:

• Tipe absensi
Penting untuk sebuah perusahaan yang memiliki dana terbatas supaya memilih jenis mesin absensi yang sesuai dengan kebutuhan. Mesin sidik jari berjenis stand alone merupakan sebuah pilihan yang tepat karena mesin bisa bekerja dengan sistem secara independen tanpa perlu dihubungkan dengan komputer sehingga hal ini bisa menghemat dana instalasi ataupun proses penyambungan dengan software komputer. Harga mesin bertipe stand alone dinilai lebih terjangkau daripada yang mesin yang dihubungkan pada komputer. Selain itu, pemilihan mesin manual juga dinilai lebih baik dan terjangkau daripada Anda harus membeli mesin yang berjenis biometrik karena semakin canggih sebuah sistem yang terdapat dalam mesin biometrik, maka semakin mahal pula harganya. Mesin absensi portable juga bisa menjadi pilihan bagi sebuah perusahaan yang kecil karena menggunakan baterai sebagai daya utama sehingga bisa tidak akan berpengaruh pada kinerja mesin apabila terjadi mati lampu.
• Kapasitas karyawan
Untuk kantor ataupun perusahaann yang berskala kecil biasanya memiliki jumlah karyawan yang tidak banyak sehingga pembelian serta pemilihan mesin juga harus disesuaikan dengan jumlah kapasitas karyawan dan staf yang ada karena mesin dengan kuota besar biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Mesin stand alon biasanya memiliki kapasitas kecil sampai sedang karena memang lebih ditujukan untuk perusahaan yang kecil. Bila memilih kapasitas yang besar, maka hal tersebut bisa meningkatkan jumlah pengeluaran serta terjadi pemborosan.
• Memastikan keaslian
Untuk terhindar dari penipuan ataupun kerusakan yang mungkin terjadi, sebaiknya Anda memeriksa keaslian mesin terlebih dahulu. Ada baiknya memilih mesin dengan merk yang sudah terkenal sehingga keaslian dari mesin benar-benar teruji. Pastikan juga bila mesin memiliki segel lengkap dengan kartu garansi serta nomor seri yang sesuai. Ditambah lagi Anda harus memastikan bahwa kantor pusat dari mesin tersebut berada satu kota dengan Anda ataupun aksesnya mudah sehingga bila terjadi kerusakan sistem ataupun perawatan secara rutin, maka Anda bisa menghemat biaya operasional dan mesin bisa diperbaiki dengan cepat dan tidak perlu dibawa ke kantor utama karena biasanya perbaikan yang dilakukan di kantor utama membutuhkan waktu yang lama.
• Melakukan perawatan rutin
Hal penting lain yang harus diperhatikan jika perusahaan kecil mmebeli mesin absensi untuk meningkatkan kemajuan produktivitas karyawan adalah rajin untuk merawatnya sehingga terbebas dari kerusakan dan perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana untuk perbaikan. Selalu kontrol dan juga bersihkan bagian scanner dari mesin sehingga terbebas dari bekas sidik jari yang menempel sehingga kinerja mesin tetap terjaga dengan baik. Tempelkan selotip bening pada bagian scanner dan lepaskan. Lakukan hal tersebut berulang-ulang sehingga permukaan scanner menjadi bersih. Selain itu, Anda juga harus meletakkan alat tersebut dengan tertutup dan tidak terkena sinar matahari secara langsung atau cahaya lampu karena hal itu bisa menurunkan kinerja sistem dan menghasilkan data yang tidak valid.

Pastikan untuk memperhatikan hal-hal tersebut sebelum membeli mesin absensi sidik jari sehingga kedisiplinan karyawan bisa tetap terjaga, terhindar dari bentuk kecurangan dan juga bisa menghemat dana perusahaan untuk kepentingan lainnya.


Post a Comment