Trend Sistem Absensi Karyawan di Era Internet

Pola kehidupan masyarakat zaman sekarang telah banyak terpengaruh oleh kondisi global. Hal terebut telah merambah pada dunia bisnis ataupun usaha, jika Anda merupakan salah satu pemilik usaha dan mempekerjakan karyawan, maka sudah terbiasa dengan sistem absensi bukan? Sistem ini dapat memonitori kedisiplinan para pekerja, sehingga diketahui antara yang memiliki etos tinggi atau sebaliknya.

Trend Sistem Absensi Karyawan di Era Internet
Trend Sistem Absensi Karyawan di Era Internet (elevania)

Peran Absensi Karyawan Berbasis Internet

Kontroling kehadiran jarak jauh
Memang perlu cermat mengawasi segala bentuk tingkah laku dari setiap karyawan, apalagi dengan kerakter mereka yang berbeda-beda. Tentu hal tersebut tidaklah mudah mengingat jumlahnya tidak dapat dihitung dengan jari. Jaringan yang menghubungkan satu sama lain dalam internet sangatlah luas. Hal tersebut tidak terbatasi oleh jarak maupun waktu. Sehingga absensi menggunakan internet berguna untuk mengontrol mereka. Apalagi dengan keadaan tempat kerja yang terpisah, pengendalian tetap dapat dilakukan dengan baik.

Manajemen jumlah Karyawan
Apa saja yang dapat dilakukan sistem internet ini, sehingga dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang relatif singkat? Simak beberapa keunggulannya berikut ini:
• Internet membaca barcode yang ada pada karyawan Anda, sehingga secara otomatis akan mendeteksi kehadiran tersebut.
• Dalam skala yang besar, internet mampu mengirim data setiap karyawan dengan detilnya dan memiliki kecenderungan kesalahan yang relatif kecil sekali. Sehingga absensi dari setiap karyawan Anda dapat dengan mudah dideteksi tanpa kerusakan.
• Jumlah tidak menjadi masalah bagi sistem absensi di era internet ini. Karena seberapa banyak karyawannya akan terhubung pada satu server  perusahaan Anda, sehingga setiap karyawan memiliki space sendiri dan tidak akan mengalami ketertukaran data.
• Dapat dengan mudah memantau absensi karyawan hanya dengan sekali klik tombol pada komputer, karena semuanya telah dilakukan oleh internet yang memasukkan dan mengakumulasikan data absensi karyawan.

Monitoring kedisiplinan karyawan
Pemantauan kedisiplinan dapat dengan mudah dilakukan dengan adanya jaringan internet ini. Penggunaan dalam jangka waktu dan wilayah yang tidak terbatas, akan sangat membantu. Tidak perlu banyak mengeluarkan tenaga dan biaya. Jadi era internet dengan sistemnya yang serba cepat dan canggih merupakan pilihan yang sebenarnya dalam memonitoring sistem absensi dari semua karyawan yang di miliki.

Efisiensi dan Efektivitas Absensi Era Internet

Dalam mempekerjakan karyawan pastilah mempertimbangkan semua kriterianya agar sesuai dengan jenis usaha. Bukankah akan sangat menyenangkan jika bisnis mendapat keuntungan optimal dengan tidak mengeluarkan gaji yang terlalu banyak pada seorang pekerja? Teknologi Internetlah yang akan membantu menjawab permasalahan tersebut. Kecenderungan menggunakan tenaga produksi memang diperlukan, tapi data-data dalam memproduksinya juga sangat penting agar tidak tertipu dengan menggaji buta mereka saja.

Sistem absensi internet ini menjadi alternatif yang efisien dari segi waktu maupun pengeluaran biaya. Selain itu dapat membantu pula dari segi keefektifannya, dapat ditinjau dari ketepatan waktu data yang dikirim oleh internet itu sendiri. Penggunaanya pun terbilang tahan lama. Biasanya kekurangan yang ditinjau  dari aspek efektivitas adalah jika jaringan internet tersebut mengalami kendala. Maka data yang dikirim ke server juga akan terhambat.

Dahulu kehadiran di kontrol secara manual, entah diisi dengan tanda tangan atau tanda titik saja. Setelah itu harus mengakumulasikan semua kehadiran tersebut secara manual pula. Bukankah terlalu ribet untuk zaman serba teknologi seperti sekarang ini, jika absensi karyawan masih dilakukan demikian? Padahal saat ini semua data dapat dengan mudah di kirim melaui internet, dan keakurasiannya pun telah teruji. Jadi, internet membantu manajemen absensi menjadi lebih mudah, bukan?

1 comments:

Jika ingin kerja sama program absensi karyawan, bisa hubungi kami

Reply

Post a Comment