Penggunaan Fingerprint Reader untuk Keamanan Gedung

Kecanggihan dunia teknologi tidak hanya terlihat dalam dunia ditital dan juga telekomunikasi, namun juga dari sistem keamanan. Dengan adanya fingerprint reader pada setiap perusahaan, maka tingkat kecurangan bisa dikurangi dan juga kinerja para karyawan akan semakin produktif. Mesin sidik jari tersebut juga tidak hanya digunakan sebagai alat untuk mengetahui kehadiran dan juga kepulangan karyawan, namun juga untuk melindungi sebuah ruangan yang penting.
Penggunaan Fingerprint Reader untuk Keamanan Gedung
Fingerprint Reader untuk Keamanan Gedung

Fungsi Fingerprint Reader Untuk Keamanan


Setiap perusahaan pasti memiliki dokumen, berkas dan juga file-file penting yang sifatnya rahasia dan juga tidak bisa dilihat oleh sembarangan orang. Oleh karena itu diperlukan sebuah pengamanan yang lebih baik dari tenaga manusia untuk menjaga keamanan dokumen di sebuah ruangan tertentu. Penggunaan fingerprint reader dinilai merupakan cara efektif dan terbaik untuk menjaga keamanan selama 24 jam.

Berikut ini manfaat dari mesin sidik jari sistem access control:

• Mengurangi biaya operasional keamanan
Walaupun harga dari mesin ini sangat mahal, namun dengan penggunaan access control tersebut, perusahaan bisa lebih menghemat biaya operasional keamanan dan tidak perlu menyewa jasa petugas keamanan untuk melindungi dan juga menjaga keamanan ruangan selama 24 jam. Biaya bulanan sewa keamanan tersebut bisa Anda gunakan untuk kepentingan dan keperluan perusahaan yang lainnya. Sistem ini juga bekerja 24 jam terus menerus tanpa perlu diisi ulang atau menggunakan kertas dan alat bantu yang lainnya. Alat ini juga memiliki fungsi untuk meminimalisir resiko kerugian akibat pencurian atau penjualan data ilegal oleh karyawan yang tidak bersangkutan. Bisa dibilang bahwa alat ini seperti layaknya CCTV yang merekam kegiatan para karyawan.

• Membatasi public are dan staff area only
Kantor-kantor besar ataupun gedung pencakar langit biasanya memiliki ratusan bahkan ribuan pekerja ditambah juga dengan orang-orang luar yang mungkin lalu lalang untuk mengurus kepentingannya masing-masing sehingga tidak ada pengawasan khusus yang memantau kegiatan tersebut. Dengan adanya access control mesin sidik jari tersebut, maka bisa mencegah masuknya orang-orang yang tak berkepentingan secara sembarangan sehingga mereka hanya bisa masuk setelah mendapatkan ijin yang berwenang dari pihak tertentu. Hal ini untuk mencegah terjadinya resiko yang tidak diinginkan.

• Memiliki kemampuan untuk mencatat histori atau rekaman akses
Penggunaan access control tersebut memang memiliki fungsi untuk merekam log history atau mencatat siap saja yang masuk ataupun meninggalkan ruangan kerja tanpa wewenang dan juga perintah yang jelas. Akses ini juga langsung tersambung dengan software komputer sehingga lebih memudahkan pihak personalia untuk membuat laporan mengenai kedisiplinan karyawan.

Kelemahan Fingerprint Reader

Walaupun terdapat beberapa manfaat dan juga keuntungan dari fingerprint reader, namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa kelemahan dan juga kekurangan dari alat tersebut sehingga pihak perusahaan harus mencari cara untuk mengatasinya atau mengakalinya.

Berikut ini kelemahan dari mesin sidik jari:

• Sulit untuk membaca sidik jari yang kotor, terkelupas, terlalu kering ataupun luka sehingga supaya alat scan bisa membaca sidik jari seseorang, maka kondisi tangan harus benar-benar bersih dan sempurna.
• Alat deteksi bisa rusak dan juga kinerjanya menurun apabila tidak dibersihkan secara rutin.
• Jika alat diletakkan secara langsung menghadap cahaya, maka performa scanner akan menurun.
• Harganya masih dirasa cukup mahal untuk sebagian perusahaan

Semoga informasi mengenai Fingerprint Reader tersebut bisa menjadi bahan referensi bagi sebagian perusahaan yang masih mengandalkan sistem keamanan konvensional untuk mulai mengubah suatu sistem.




Post a Comment