Kelebihan dan Kekurangan Mesin Absen Sidik Jari Manual

Untuk menunjang pembangunan dan juga kemajuan sebuah perusahaan, sebuah pengorbanan kecil harus dilakukan termasuk dalam pembelian mesin absen sidik jari untuk memantau kehadiran dan juga perhitungan gaji karyawan. Namun tingginya harga mesin digital yang memiliki fitur canggih menyebabkan perusahaan lebih memilih mesin manual.
Kelebihan dan Kekurangan Mesin Absen Sidik Jari Manual
Mesin Absen Sidik Jari Manual

Mesin Absen Sidik Jari Manual Dilihat Dari Segi Kelebihan dan Kekurangan


Walaupun mesin absen sidik jari manual lebih murah harga jualnya, namun berbagai macam kelebihan ditawarkan di dalam satu mesin ini diantarannya:

• Pengolahan lebih mudah
Menggunakan mesin sidik jari bisa mempermudah pihak HR ataupun personalia untuk membuat laporan tentang kehadiran karyawan karena mesin sudah terhubung langsung dengan komputer sehingga pengumpulan sidik jari bisa lebih mudah dilakukan.
• Menekan pengeluaran fiktif perusahaan
Walaupun banyak perusahaan yang beranggapan bila membeli sebuah mesin absensi justru membutuhkan bayak dana, namun faktanya, dalam penggunaan mesin tersebut pada sebuah karyawan mampu menekan pengeluaran yang ada seperti uang lembur, bonus karyawan, dan juga uang kehadiran karena catatan kehadiran dari waktu dan juga tanggal sudah tertera jelas pada mesin sehingga perhitungan gaji bisa lebih jelas.
• Penggunaan yang praktis
Penggunaan dari mesin manual tersebut sangatlah mudah dan juga praktis dimana karyawan hanya menempelkan jari pada scanner selama beberapa detik kemudian data kehadiran sudah bisa direkam dan disimpan dalam software komputer.
• Terhindar dari kecurangan
Dengan penggunaan mesin ini, maka tindakan kecurangan bisa diantisipasi dan juga dicegah karena tidak ada lagi pemalsuan data kehadiran serta titip absen yang sering dilakukan oleh karyawan yang tidak bertanggung jawab. Walaupun menggunakan fotokopi atau bentuk sidik jari tiruan untuk memalsukan data, namun mesin tetap tidak akan menerima karena sidik jari aslilah yang akan diidentifikasi oleh sistem.
• Harga yang lebih murah
Untuk harga jual mesin manual terbilang lebih murah daripada mesin dengan biometrik ataupun sensor lainnya sehingga bisa lebih menghemat biaya pengeluaran perusahaan.
• Meningkatkan produktivitas karyawan
Secara tidak langsung, mesin manual ini melatih kedisiplinan karyawan dalam hal menghargai waktu karena semua pekerja dituntut untuk hadir di kantor tepat waktu sebab dalam mesin sudah tercatat jam dengan jelas. Dikarenakan karyawan hadir tepat waktu dan tidak terlambat, maka produktivitas karyawan dalam bekerja bisa lebih ditingkatkan sehingga kesejahteraan perusahaan pun bisa tetap terjaga.

Selain beberapa kelebihan yang ditawarkan, tidak menutup kemungkinan bahwa mesin absen sidik jari manual juga memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

• Seringnya terjadi kesalahan dalam proses pengindentifikasian
Kelemahan yang pertama pada mesin bertipe manual ini adalah seringnya terjadi error atau kesalahan pada saat proses pengidentifikasian yang disebabkan oleh scanner yang kotor, basah, dan terkena cahaya secara langsung. Hal ini bisa menyebabkan kinerja sistem di dalam mesin menajdi menurun sehingga data tidak valid dan seringnya terjadi pengulangan proses scan.
• Membutuhkan perawatan yang rutin
Untuk tetap menjaga proses dan juga sistem dari mesin tersebut, pengecekan dan juga perawatannya harus dilakukan secara rutin. Cara membersihkannya pun tidak boleh dibassahi dengan air dan hanya menggunakan lap atau tisu kering sehingga fungsi scanner bisa tetap terjaga.
• Kinerja scanner yang kurang maksimal
Performa atau kinerja sistem scanner manual tidak bisa mengidentifikasi tangan yang terluka, terkelupas, kotor, terkena tinta, dan juga basah terkena keringat karena sistem sangat sensitif sehingga jika seseorang ingin melakukan absen, maka kondisi tangan harus selalu kering dan bersih.

Setelah mengetahui berbagai kelemahan dan juga kelebihan dari  mesin absen sidik jari tersebut, diharapkan perusahaan bisa mengambil keputusan dalam mengeluarkan anggaran untuk pemilihan mesin yang terbaik.




Post a Comment